Latest News

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan - Buah naga adalah nama buah dari tanaman serumpun dengan kaktus, tanaman naga ini berasal dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah naga atau dalam bahasa inggeris disebut dengan pitaya ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. BUah naga berasal dari Amerika tengah, mexico, dan Amerika selatan. Kini tanaman dengan buah mirip dengan sisik naga sudah mulai dikembangkan dan dibudidaya di negara-negara asia termasuk di Indonesia.

Manfaat buah naga untuk kesehatan demikian terasa, terutama setelah ada berbagai penelitian yang dilakukan para ahli terhadap kadar dan zat yang dikandung buah naga. Buah naga ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Buah ini kaya akan serat dan vitamin, mineral, dipercayakan bisa mencegah berbagai penyakit degeneratif, menetralkan racun dalam darah dan juga memberika efek positif terhadap emosional.
Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

1. Menurunkan Kadar Kolestrol
Serat yang dikandungnya sangat banyak, mencapai 0,7-0,9 gram per 100 gram. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Serat akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) dan kemudian dikeluarkan bersama tinja. Dengan demikian, semakin tinggi konsumsi serat, semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh.

2. Manfaat Buah Naga untuk Sistem Pencernaan
Seray yang dikandung buah naga sangat berguna dalam sistem pencernaan. Serat pangan (dietary fiber) mampu memperpendek transit time, yaitu waktu yang dibutuhkan makanan mulai dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dalam bentuk feses. Sementara itu, serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik. Berkat transit time yang pendek, waktu zat karsinogenik bertenmpat dalam tubuh juga semakin pendek, jadi ini sangat bermanfaat karena kesempatan tubuh dalam bahaya bisa diminimalisir.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Buah naga yang terkenal dengan kaya serat ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini berkaitan dengan serat pangan yang umumnya memang sangat baik untuk mencegah penyakit ini.
Manfaat Buah Naga
4. Khasiat Buah Naga
Buah yang mirip dengan sisik naga ini kaya akan vitamin dan mineral dengan kandungan serat cukup banyak sehingga cocok untuk diet. Dijelaskan Sinse David dari Klinik Cikini, Jakarta, buah naga sangat bernilai untuk kehidupan manusia, karena buah ini disamping berguna untuk kesehatan juga memilki nilai jual yang menjanjikan untuk dijadikan sebagai lahan bisnis. Masyarakat Eropa mempercayai Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan mampu menurunkan kolesterol, menyeimbangkan kadar gula darah, mencegah kanker usus, menguatkan fungsi ginjal, tulang, dan daya kerja otak, meningkatkan ketajaman mata, mengobati keputihan, dan sebagai pelindung kesehatan mulut, termasuk sariawan.

0 Response to "Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan"

Note: Only a member of this blog may post a comment.