Latest News

Jus Kulit Buah Manggis Mengobati Kolesterol

Kulit Buah Manggis Mengobati Kolesterol - Berbagai Jenis penyakit seringkali terjadi karena penumpukan kolesterol dalam darah melebihi batas normal. Jadi kolesterol tidak semata-mata menjadi momok menakutkan, karena ada juga manfaat kolesterol. Untuk itu kolesterol ini dibagi menjadi dua macam, ada kolesterol jahat dan ada juga kolesterol baik. Ini tak ubahnya manusia ada yang baik dan ada juga yang jahat.

Kolesterol jahat atau disebut dengan Low Density Lipoprotein adalah jenis kolesterol yang biasanya melekat pada lemak yang terdapat dalam darah. Sementara kelesterol baik disebut juga dengan High Density Lipoprotein. Kolesterol baik adalah jenis kolesterol yang justeru berfungsi untuk menurunkan LDL.

Kulit Buah Manggis
Jadi keberadaan kolesterol baik diperlukan dalam tubuh agar bisa menghilangkan kolesterol yang bisa merugikan kesehatan tubuh. Sementara batas kolesterol dalam darah adalah 160-200 mg. Kolesterol adalah steroid, sementara steroid adalah struktur kimia khusus yang terdiri dari 4 atom karbon.

Yang Perlu diwaspadai adalah terjadinya penumpukan atau berkumpulnya kolesterol jahat dalam, karena memang ia merupakan dalang dari berbagai macam jenis penyakit. Oleh karena itu ada hal-hal penting yang harus dikonsumsi agar kolesterol jahat tidak tertumpuk-tumpuk dalam darah. Hal-hal tersebut adalah:

1. Mengkonsumsi makanan yang kaya serat
Makanan yang kaya serat penting dikonsumsi untuk bisa menyerap kolesterol jahat dalam darah dan kemudian membuangnya keluar tubuh bersama dengan kotoran. Makanan yang banyak mengandung serat seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan, dan gandum. Jadi kita perlu memperhatikan makanan yang kita asup agar bisa terhindari dari penyakit akibat kolesterol.

2. Memperhatikan diet
Diet disini adalah pola makan, pola makan yang sehat penting diperhatikan agar tubuh selalu sehat. Disarankan untuk meminimalisir mengkonsumsi daging, makanan yang digoreng karena berpotensi terhadap meningkatnya LDL. Disamping itu, juga mengkonsumsi susu rendah lemak, dan makanan-makanan lain yang mengandung lemak jenuh.

3. Berolahraga teratur
Olahraga adalah salah satu bentuk kegiatan yang bagus untuk menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh. Anda cukup berolahraga sekitar 30-60 menit dalam sehari. Bisa berjalan-jalan di sekitaran komplek perumahan atau pergi ketempat olahraga khusus seperti tempat kebugaran. Dengan olahraga teratur maka kolesterol jahat dalam darah bisa selalu di jaga perkembangannya.

4. Minum alkohol dan merokok
Hindari kedua kebiasaan ini. Jangan sampai kita/anda bodoh dengan menganggap bahwa merokok dan minum alkohol adalah bagian dari modernitas, ini justeru merugikan diri sendiri dan bahkan orang lain serta alam sekitarnya. Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh dan darah sehingga berbagai jenis penyakitpun kerap kali terjadi.

Kalau dengan hal-hal di atas tidak bisa membuat anda terhindari dari kolesterol, maka anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Disamping itu, ada cara tradisional yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Cara ini adalah mengkonsumsi kulit manggis.

Khasiat dan manfaat kulit manggis mengobati kolesterol

Salah satu cara alami dalam mengendalikan kolesterol jahat adalah dengan mengonsumsi banyak anti oksidan yang terdapat dalam buah-buahan. Salah satu buah dengan kandungan kolesterol tertinggi adalah kulit buah manggis.

Ada banyak penelitian yang dilakukan dan membuktikan bahwa kulit buah manggis memang berpotensi dalam menangkal kolesterol jahat, ini disebabkan dari derivasi zat xanthone dalam kulit buah manggis dan alfa-mangostin, meningkatkan aktifitas enzim lipoprotein lipase untuk menghidrolisis LDL menjadi asam lemak dan gliserol.

Salah satu penelitian tersebut adalah yang dilakukan oleh Dachriyanus dari Universitas Andalas padang, dia mengatakan bahwa ekstrak kulit buah manggis mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dari tubuh.

Jadi, sudah terbukti bahwa penggunaan kulit buah manggis bisa mengobati kolesterol jahat dalam tubuh. Sebagaimana yang kami lansir dari deherba.com bahwa kita sudah bisa memasyarakatkan penggunaan kulit manggis agar bisa meminimalisir darah dari kolesterol jahat. Kenapa tidak, kulit manggis yang mudah diperdapatkan ini kita buat sebagai jus kulit manggis yang segar untuk dinikmati sekaligus bermanfaat untuk tubuh.

0 Response to "Jus Kulit Buah Manggis Mengobati Kolesterol"

Note: Only a member of this blog may post a comment.