Latest News

Manfaat Jambu Biji | Kandungan Jambu Biji

Manfaat Jambu Biji | Kandungan Jambu Biji - Jambu biji adalah salah satu buah-buahan yang sering dan sangat mudah kita dapatkan disekitar kita. Anda bisa mendapatkannya di halaman-halaman rumah atau dikebun tetangga anda.

Jambu biji adalah buah-buahan tropis yang kaya terhadap gizi. Buah ini berasal dari Amerika Selatan dan memiliki nama ilmiah psidium guajava. Jambu biji ini memiliki rasa yang manis, aroma nya bisa menggoda siapa saja dan rasanya menyegarkan, bisa membuat buah ini banyak disukai oleh kita, terutama buah jambu biji yang berwarna merah.

Buah jambu ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan kita, karena buah jambu ini mengandung berbagai zat penting untuk kebutuhan kita. Kandungan Vitamin C, A, B kompleks, kandungan serat dan banyak kandungan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.
Manfaat Jambu Biji | Kandungan Jambu Biji

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Beserta kandungannya

Berikut adalah beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan kita, yaitu:
  • Buah jambu biji sangat kaya serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), yang baik yang berkhasiat untuk memperlancar pencernaan. Serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi efek buruk racun serta mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker di usus besar.
  • Jambu biji kaya terhadap astringent yang bersifat alkali dan buah ini memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan diare yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba. Lebih lanjut, nutrisi lain dalam jambu biji, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan.
  • Kandunngan Vitamin B dalam jambu biji memainkan peranan penting dalam kesehatan fungsi otak. Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6. Vitamin B3,dikenal juga sebagai niasin yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, dan vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf.
  • Jambu biji adalah sumber antioksidan dan vitamin C, buah ini menyediakan lebih dari tiga kali dari kebutuhan asupan harian. Kulit bagian Luar dari jambu biji ini mengandung tinggi zat vitamin C ketimbang bagian tengahnnya.
  • Buah jambu rendah akan kalori dan lemak, namun mengandung vitamin penting, diantaranya, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam pencegahan kanker, anti-aging [anti-penuaan], serta bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Manfaat dan kandungan jambu biji selanjutnya yaitu: sebagai sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6 (pyridoxine), vitamin E dan K, dan mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor rekan untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.
  • Walaupun belum ada penelitian tentang manfaat jambu merah biji untuk mengobati demam berdarah ( DBD ), namun banyak yang mempercayai bahwa jambu biji merah dapat meningkatkan trombosit darah pada penderitan demam berdarah. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada jambu biji merah dapat membantu mempercepat proses penyembuahan pada orang yang sakit tanpa menyebabkan efek samping.
  • Manfaat Jambu biji untuk mencegah kanker. Jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker, likopen. Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibanding yang berasal dari tomat karena perbedaan dalam struktur selnya. Konsumsi likopen yang cukup sangat berpengaruh pada penurunan risiko kanker prostat pada pria. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi, terutama pada jambu biji berdaging merah.

Demikianlah beberapa manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan manusia, sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah super ini. Untuk artikel ini insya Allah akan kita sambung di kesempatan lainnya. Jangan lupa baca juga manfaat buah yang lainnya

0 Response to "Manfaat Jambu Biji | Kandungan Jambu Biji"

Note: Only a member of this blog may post a comment.